5 software benchmark gratis

Satu masalah yang selalu terjadi ketika kalian mencoba melakukan optimalisasi atau tweak untuk mempercepat kinerja komputer adalah bagaimana mengukur sebesar apa pengaruh yang sudah kalian dapatkan dari hasil optimalisasi atau tweaking kalian.Sungguh tidak mudah untuk mengertahui dampak apa yang komputer kalian dapatkan, terlebih jika usia komputer kalian sudah relatif tua.Dan jika kalian tidak punya cara yang tepat untuk mengetahui seberapa cepat komputer kalian bekerja, atau optimalisasi mana saja yang berhasil membawa dampak,dan mana yang tidak membawa perubahan.Maka jawabannya adalah,bahwa kalian membutuhkan aplikasi pengukur kinekja software atau sistem komputer kalian.Benchmark testing software adalah jawabannya.Berikut adalah benchmark tools gratis yang bisa kalian gunakan untuk mengukur dan melakukan adjustment pada komputer sesuai usia komputer dan cara yang kalian inginkan.


Walaupun secepat apapun komputer kita,tetap saja memiliki kemungkinan untuk "ngadat" oleh persoalan sederhana seperti error dalam melakukan kalkulasi digital.Tugas SuperPI adalah melacak seberapa cepat komputer dalam melakukan kalkulasi digital.SuperPI memfokuskan dirinya hanya pada kinerja prosesor,tidak pada komponen lainnya.Jadi aplikasi ini hanya berguna untuk membuat penilaian pada perubahan yang terjadi terhadap prosesor.Banyak para overclocker menjadikan SuperPI sebagai tolok ukur terbaik dalam mengukur perubahan yang terjadi pada prosesor komputer,dan untuk menilai seberapa besar dampak overclock yang mereka lakukan pada komputer.


Futuremark adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang menawarkan berbagai macam aplikasi benchmarking komputer, dan dianggap oleh banyak kalangan sebagai salah satu yang terbaik di dunia.Versi terbaru 3DMark dan PCMark tidak gratis untuk didownload, tapi versi lama dengan pilihan terbatas dapat digunakan dengan kemampuan yang hampir tidak terbatas dan tanpa dikenakan biaya. Meskipun versi gratis ini sudah berusia lebih dari empat tahun, tapi PCMark masih menjadi tolok ukur software benchmark terbaik yang tersedia.PCMark memfokuskan diri untuk para gamer, dan hanya menguji kekuatan video card pada komputer. PCMark juga digunakan untuk penggunaan yang lebih umum seperti tes sejumlah komponen pada komputer. Keduanya aplikasi tersebut dapat didownload langsung dari website Futuremark.


Novabench adalah perlengkapan pengujian perangkat lunak gratis. Tidak seperti kebanyakan aplikasi benchmark, Novabench bukanlah software trial.novabench mengukur berbagai aspek menyangkut kinerja komputer.Tes benchmark Novabench meliputi performa 2D grafis dan mengukur kecepatan hard drive dalam melakukan pembacaan / penulisan data. cara pengukuran ini sangat menyeluruh.



Sandra adalah fungsi Sistem Analyzer, Diagnostik dan reporting assistant. Sandra adalah paket benchmark full-fitur yang ditujukan untuk pengguna yang sangat membutuhkan informasi benchmark menyeluruh tentang komputer mereka, naik untuk personal maupun untuk bisnis yang membutuhkan analisis rinci pada beberapa komputer. SiSoft Sandra menawarkan versi gratis dari software benchmark mereka.Tes benchmark yang tersedia di SiSoft Sandra menggunakan metoda menurun. Sisoft Sandra melakukan fungsi berikut :
menguji bandwidth memori komputer, menguji performa jaringan, menguji efisiensi daya listrik komputer. SiSoft Sandra melakukan tugasnya secara silent dalam komputer,dan tidak mengganggu kinerja komputer sama sekali. Fitur lain SiSoft Sandra yang tak kalah penting adalah memasukkan referensi. Katakanlah, misalnya, bahwa Anda memutuskan untuk melakukan benchmark hanya pada prosesor. SiSoft Sandra akan mengukur prosesor kita dan kemudian membandingkan performa tersebut dengan lima prosesor sejenis lainnya untuk memberikan saran/ide yang lebih baik apakah kita akan melakukan upgrade atau tidak.


Beberapa Benchmarking tools menempatkan komputer Anda melalui serangkaian tes untuk menilai kinerja komputer secara keseluruhan, FRAPS cukup mencatat problem yang sedang terjadi pada komputer.FRAPS melakukan hal ini dengan menangkap informasi tentang berapa banyak frame per detik komputer Anda bekerja dalam menjalankan game.Nilai frame yang lebih tinggi menandakan kinerja yang lebih baik dalam menjalankan game.FRAPS bisa bekerja pada semua jenis game.Bahkan FRAPS dapat mengukur dua game yang dijalankan sekaligus dalam sebuah PC.

Tools Benchmark mana yang dibutuhkan?
Tools benchmark mana yang ingin dipakai tergantung pada Tolok ukur apa yang kita ingin butuhkan. FRAPS dan 3D Mark06 adalah tools yang dibutuhkan jika kita ingin mengetahui kinerja game pada komputer. NovaBench dan Sandra lebih berfokus pada kinerja umum, seperti kecepatan prosesor dan hard drive. SuperPi hanya fokus pada pengukuran prosesor, dan merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin mengisolasi kinerja prosesor Anda dari semua faktor lainnya. Namun, jika Anda berniat untuk melakukan benchmark menyeluruh di komputer kalian, maka kalian membutuhkan semua program tersebut. Karena tiap-tiap tools memberikan informasi data yang berbeda dari komputer.