fakta menarik soal pisang





Pisang adalah buah yang memilki lebih dari lima ratus varietas dan dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Tanaman pisang merupakan tanaman terbesar di dunia yang tidak mempunyai batang yang terbuat dari kayu. pisang adalah tanaman yang berdasarkan klasifikasi dalam dunia tumbuhan masuk dalam keluarga tanaman yang sama dengan bunga lili, palem dan anggrek.India adalah produsen terkemuka pisang di dunia.Setiap tahun sekitar 16.500.000 buah pisang dihasilkan di India.

Nama Pisang berasal dari kata Arab 'banan' yang artinya jari. Karena bentuknya dalam kelompok yang sering kita sebut 'sisir' itu menurut pengamatan orang arab seperti bentuk jari yang tersusun.Banyak para ahli di bidang hortikultura yang menganggap pisang adalah buahan yang pertama kali  yang dikonsumsi manusia.

Pisang juga memiliki Kandungan yang sangat tinggi. Sejumlah besar vitamin seperti vitamin A, C dan E dapat ditemukan di pisang. Riboflavin, tiamin, niacin, asam folat, vitamin B12 dan mineral lainnya seperti besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, tembaga, seng dan fluoride adalah beberapa nutrisi lain yang dapat ditemukan di pisang. Banyak asam amino esensial seperti tryptophan, lisin, leusin, treonin, arginin dan glisin dapat ditemukan dalam pisang. Pisang juga terkenal sebagai obat anti-depresan. Namun banyak ilmuwan percaya bahwa tanaman pisang adalah tumbuhan yang mudah diserang oleh serangga dan parasitn, dan karena itu mereka juga percaya pisang adalah tumbuhan yang sangat mudah mengalamu kepunahan.

Pisang ternyata bukan semata urusan makanan. Dunia mengenal kata Republik Pisang (Banana Republic). Disebut seperti itu karena memang pernah terjadi Perang Pisang yang amat mengerikan, yang terjadi pada tahun 1920-an, di mana ribuan orang tak berdosa tewas sia-sia dalam upaya imperialisme Amerika.

Pisang juga dikenal sebagai simbol masculinisme disebagian kawasan eropa. Dipakai sebagai makanan pembuka yang dipercaya memberikan efek libido kepada pria.

Di beberapa tempat seperta di Afrika selatan, pisang juga dijadikan bahan pembuatan minuman keras sejenis beer....Bagaimana dengan pisang di Indramayu, adakah yang bisa membuat minuman keras dari pisang?