bagaimana cara kerja mikro prosesor komputer?

Mikroprosesor atau dikenal juga dengan istilah CPU ( Central  Processing Unit ) adalah sekeping chips yang berisi kode komputasi secara lengkap dan terintegrasi. Mikroprosesor bekerja dan berfungsi seperti otak dalam sebuah komputer.Tidak peduli dari jenis apapun komputer kita,apakah desktop, PDA, Laptop atau yang lainnya. Semua harus memiliki microprocessor agar dapat berfungsi.

Mikroprosesor yang pertama kali dibuat adalah Intel 4004, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974.Intel 4004 bekerja masih sangat sederhana, hanya bisa berfungsi untuk menambah dan mengurangi (mirip kalkulator), dan hanya mampu bekerja dengan kecepatan 4 bits perdetik.Tapi sekarang ini microprocessor telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ada beberapa macan microprocessor yang kita kenal.

Selanjutnya Mikroprosesor dikembangkan menjadi Intel 8080. Sebuah prosesor yang memiliki spesifikasi 8 bits, juga dikenalkan tahun 1974. Namun baru tahun 1979, intel membuat prosesor yang di jual secara bebas untuk pemakaian umum,yakni Intel 8088, dan digunakan oleh IBM, dan oleh IBM diluncurkan ke pasar pada tahun 1982. Setelah itu prosesor dikembangkan terus menerus sampai pada nama yang tidak asing bagi kita seperti intel Pentium, PII, PIII, P4, Celeron, Centrino, Dual Core, dan Core 2 Duo.Sebagai gambaran sederhana saja, Intel Pentium 4 mampu bekerja sekitar 5000 kali lebih cepat dari intel 8088.
Untuk memahami bagaimana sebuah Mikroprosesor bekerja (atau istilah gampangnya prosesor) kita harus memahami logika yang digunakan oleh sebuah prosesor dan bahasa perintah yang digunakan oleh prosesor tersebut, yakni bahasa assembly ( bahasa asli dari sebuah prosesor).Prosesor menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang memerintahkan apa yang harus dilakukan. Berdasarkan perintah pemrograman, sebuah prosesor melakukan 3 perintah dasar, yakni :

  1. Dengan ALU (Arithmetic Logic Unit), sebuah prosesor bekerja menjalankan operasi matematika seperti : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  2. Prosesor dapat memindahkan data dari satu memory ke memory yang lain.
  3. Prosesor dapat membuat keputusan pintar untuk melompat dari satu set instruksi ke set instruksi yang lain.
Demikian gambaran singkat bagaimana cara kerja sebuah unit mikro prosesor dalam komputer yang kita gunakan sehari-hari.