jenis jenis komputer

Seiring makin dibutuhkannya perangkat komputer, dan makin beragamnya tingkat keperluan kita pada pemakaian komputer, maka dibutuhkan pula perangkat komputer yang disesuaikan dengan tujuan dan mobilitas kita. Berikut adalah 10 jenis komputer yang kita kenal selama ini yang dibuat berdasarkan alasan kemudahan dan fungsi yang lebih spesifik :
  1. Personal Computer (PC). Adalah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum dan pribadi. Pada masa awalnya, PC lebih dikenal sebagai micro computer karena bentuknya yang relatif kecil dibanding komputer yang digunakan untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan yang waktu itu memiliki ukuran yang sangat besar. PC bisa bersifat mobile dan desktop.
  2. Desktop. Adalah jenis PC yang dirancang untuk tidak dibawa bawa. Biasa diletakkan secara permanen disuatu lokasi di rumah kita. Biasanya Desktop menawarkan kemampuan, daya simpan dan fleksibilitas yang lebih baik, serta lebih rendah dalam hal biaya operasional dan harga dibanding perangkat komputer yang bersifat mobile atau portabel.
  3. Laptop. Biasa dikenal juga dengan nama notebook. Laptop adalah perangkat komputer dimana monitor,keybord, trackball, pointer, baterai serta harddisk sudah dipasang secara terintegrasi sehingga mudah dibawa.
  4. Netbook. Perangkat ini serupa Laptop,namun memiliki fungsi dan kemampuan yang lebih terbatas ketimbang Laptop. Biasanya hanya digunakan untuk tujuan spesifik saja.
  5. PDA (Personal Digital Assistants).Adalah komputer mini yang semua perangkatnya sudah saling terintegrasi dalam satu paket yang compact. PDA biasanya menggunakan flash memory sebagai media penyimpanan datanya. Rata-rata PDA berukuran sedikit lebih besar dari handphone, dan tidak dilengkapi keyboad sbg input devicenya, melainkan melalui layar sentuh (touch screen),ini untuk menjaga agar ukurannya tetap mungil.
  6. Workstation. Adalah jenis desktop komputer yang diperuntukkan bagi penggunaan khusus,misalnya bagi developer multimedia,3D atau pengembang software. Workstation memiliki kinerja prosesor,memory dan  storage yang jauh lebih tinggi dibanding komputer desktop biasa.
  7. Server.Adalah jenis komputer yang sudah dioptimalisasi untuk dapat melayani atau di integrasikan dengan beberapa komputer lain. Server harus memiliki kinerja prosesor yang sangat kuat, memory yang besar dan hard drive yang juga besar.
  8. Mainframe.Adalah rangkaian komputer yang merupakan bentuk high-end dari server.Karena dibangun untuk tugas berat ( biasanya untuk pengolahan data pada perusahaan besar),mainframe cenderung memiliki bobot yang lebih besar dan membutuhkan ruangan besar pula.
  9. Super Computer.Adalah jaringan komputer yang nilainya bisa mencapai miliaran rupiah. Beberapa Super Computer adalah sistem komputer tunggal, namun kebanyakan adalah penggabungan beberapa komputer yang memiliki kinerja tinggi,dan digabungkan secara paralel menjadi sebuah sistem tunggal.