bagaimana cara kerja komputer?

Bagaimana cara kerja komputer ? Perlukah kita mengetahuinya? Jawabnya tentu perlu. Karena jika kita tahu cara kerjanya, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengontrolnya. Komputer tidak pernah diciptakan  untuk mengendalikan kita, sebaliknya ia diciptakan untuk memudahkan kita mengendalikan pekerjaan kita. Apa yang mesti kita lakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang komputer? Jawabannya cukup mudah, PELAJARI. Sesungguhnya tidaklah sulit bagi kita jika ingin mempelajari cara kerja komputer. Kenapa? jawabnya sangat sederhana, karena : komputer diciptakan untuk mempermudah manusia.
Komputer, yang kita kenal dan sering gunakan belumlah begitu lama diciptakan. Komputer pertama kali dijual secara umum baru dimulai setelah tahun 1977. Tahukah kalian bahwa tahun 1983 terdapat sekitar 2 juta komputer pribadi digunakan di Amerika Serikat. Namun hanya 10 tahun kemudian pada tahun 1993 jumlah itu melonjak hingga lebih dari 90 juta. Dan sekarang tahun 2010  jumlah diperkirakan lebih dari 200 juta
Berikut adalah beberapa bagian yang terdapat dalam komputer, sekaligus menjadi komponen yang menjalankan fungsi komputer secara keseluruhan :
MEMORY
Fungsi penyimpanan dalam komputer datang dalam berbagai ukuran, jenis dan bentuk. Namun ada dua kategori dasar: penyimpanan jangka pendek dan penyimpanan jangka panjang. Komputer secara umum mengandung berbagai tipe memori, termasuk RAM, ROM, virtual, cache, dan berbagai perangkat penyimpanan jangka panjang. Setiap jenis memori komputer melayani fungsi tertentu dan tujuan.
Memori komputer diukur dalam satuan byte. Dari byte akan menjadi Kilo byte dan seterusnya, lihat satuan ukuran berikut ini :
8 bits = 1 byte
1000 byte = 1 kilobyte
1000 kilobyte=1 megabyte
1000 megabyte=1 gigabyte
1000 gigabyte=1 terabyte
ROM
ROM (Read Only Memory) adalah memori komputer yang mengingat dan mencatat secara permanen dan dalam jangka panjang. Artinya data yang disimpan dengan ROM tidak akan hilang walaupun saat komputer kita matikan. Data tidak dapat dihapus atau diubah dengan cara apapun. Namun ada jenis ROM yang disebut PROM yang dapat diubah. P singkatan dari Programmable. ROM tujuan adalah untuk menyimpan input dasar / output sistem (BIOS) yang mengontrol start-up, atau pada proses boot. Artinya ROM hanya bekerja pada saat komputer dalam keadaan hidup.
RAM
RAM, (Random Access Memory), seperti halnya ROM yang hanya bekerja pada saat komputer hidup. RAM memiliki fungsi kontrol data dari waktu ke waktu saat selama komputer bekerja. Pada saat komputer kita nyalakan, data pertama yang dikumpulkan oleh RAM adalah OS (sistem operasi) . Saat kita memencet tombol ctrl+c (copy), maka data yang kita copy tersimpan didalam RAM ini.
Komputer pribadi pada jaman dulu hanya dibekali sekitar 64K RAM memori. Sekarang ini jumlah RAM meningkat secara drastis. Dengan banyaknya data seperti foto, musik, game dan film yang harus dibaca melalui RAM, jumlah kebutuhan RAM sekarang telah meningkat mencapai satuan gigabyte.
Fungsi komputer yang Multitasking ( kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu program pada saat yang sama) membuat kita harus menambah RAM pada komputer kita. Jika tidak maka komputer kita akan mengalami HANG.
STORAGE DEVICE
Adalah Ruang Penyimpanan data yang ada pada komputer. Storage Device merupakan komponen terpenting dalam komputer kita. Setelah data dibaca dan disimpan secara sementara oleh RAM, mungkin kita perlu untuk menyimpan data kita secara permanen, agar nanti bisa kita gunakan kembali .Maka untuk itu dibutuhkan tempat penyimpanan, dan inilah fungsi Storage Device pada komputer. Sekarang ini komputer memiliki ruang penyimpanan yang bervariasi , antara lain :
HARD DRIVE / HARD DISK (HD)
Sebuah ruang penyimpanan data secara permanen berbentuk cakram yang disimpan dalam kotak logam yang kedap udara. Hard Disk memiliki ukuran yang bervariasi. Sekarang ini ukuran Hard Disk mulai dari satuan gigabyte sampai mencapai terabyte. Fungsi hard drive adalah untuk menyimpan semua file, mulai dari software sampai data penting kita lainnya.
FLASH DISK
Biasa juga disebut memory stik adalah Sebuah perangkat portabel yang pertama kali diperkenalkan IBM pada tahun 1998 dan dengan sangat cepat terkenal sebagai perangkat penyimpanan yang besar namun sangat praktis, dan dengan cepat menggantikan fungsi floppy disk. Perangkat kecil ini sangat handal dan cocok di port USB di komputer Anda. Flash Disk dibuat dalam berbagai kapasitas mulai dari 1 GB hingga 64 GB.
COMPACT DISK (CD)
fungsi CD mirip seperti harddisk dalam menyimpan data dalam jumlah besar i. Apa yang membedakan CD dari Hard Disk adalah sifatnya yang mobile dan teknik penyimpanan mereka yang menggunakan teknologi optik. Namun kapasitas penyimpanan CD juga sangat terbatas dibandingkan dengan hard drive. CD rata-ata hanya dapat menampung hingga sekitar 650 MB informasi. Perbedaan besar lainnya adalah bahwa kita harus memiliki drive khusus untuk  membaca isi CD, yakni CD ROM (read only memory). Dan untuk merekam data ke dalam CD,maka kita membutuhkan CD RW ( Re-Writable).
DVD ( Digital Video Disk)
DVD memilik fungsi yang mirip dengan CD yang proses baca-tulisnya dilakukan melalui laser optik. Hard drive menggunakan arus magnetik dalam proses menyimpan data. Namun CD dan DVD menggunakan teknologi cahaya (laser) untuk menulis dan membaca data pada disk. Teknologi DVD adalah bentuk pengembangan langsung dari teknologi CD. Sebuah cakram DVD dapat menyimpan data  sampai mencapai 7.95 GB.
PROCESSOR
Prosesor adalah ibarat otak pada sebuah komputer . prosesor atau biasa dikenal juga sebagai mikroprosesor ini sering disebut sebagai CPU (Central processing unit). Mikroprosesor adalah sebuah chip dengan ukuran relatif kecil, kurang lebih sebesar prangko. prosesor adalah salah satu bagian komputer yang paling penting dalam sebuah komputer. mikroprosesor mengontrol bagaimana data dipilah dan bagaiman data diarahkan atau disalurkan.
Kemampuan sebuah komputer didefinisikan secara langsung lewat ketangguhan mikroprosesor-nya. Semakin tinggi kemampuan kerja sebuah mikroprosesor pada komputer, maka semakin "pintar" pula komputer tersebut dalam melakukan tugasnya. Kebanyakan mikroprosesor yang kita kenal dibuat  Intel atau oleh perusahaan yang mengkloning chip Intel, seperti Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix.
INPUT
Input adalah serangkaian perintah yang kita masukkan ke dalam sistem komputer untuk membuatnya program dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Rangkaian perintah yang kita masukkan inilah yang disebut sebagai Input. Rangkaian perintah itu sendiri membutuhkan device (alat) yang terhubung ke sistem komputer, seperti keyboard, mouse, trackballs, scanner, joystick, barcode reader, video, kamera digital,mikrofon dan sebagainya yang dapat dihubungkan ke komputer. Sebagai tambahan, perangkat penyimpanan seperti disk drive dapat berfungsi sebagai alat input.
OUTPUT
Output dimaksudkan sebagai hasil proses yang dikerjakan oleh sistem pada komputer yang bisa kita lihat hasilnya. Perangkat Output KOMPUTER digunakan untuk melayani pengguna. Perangkat output yang paling umum adalah monitor, printer, speaker atau bisa berupa perangkat penyimpanan seperti disk drive, disket maupun flash disk.


Cara kerja komputer berdasarkan pada rangkaian komponen diatas dapat digambarkan secara sederhana sebagai berikut : 

  1. Pada saat kita menghidupkan komputer, hal pertama yang muncul di layar monitor adalah informasi BIOS komputer kita. Tugas mendeteksi dan membaca konfigurasi sistem pada saat booting ini dilakukan oleh ROM. 
  2. Berikutnya komputer akan membaca dan meloading sistem operasi (OS yang umum misalanya windows XP). Lalu katakanlah kita membuka program microsoft word, dan mengetikkan sebuah kata disana. Seluruh proses ini ditangani oleh RAM.
  3. Ketika kata yang kita ketik pada microsoft word tersebut ingin kita simpan secara permanen,mungkin untuk digunakan pada waktu yang lain,maka proses penyimpanan tersebut dilakukan pada STORAGE DEVICE, biasanya device yang sering digunakan dalam hal ini adalah Hard Disk.
  4. Kecepatan meloading data, aplikasi atau program dari sebuah sistem operasi (mis : windows xp), dan kecepatan melakukan proses penyimpanan dari RAM menuju Hard Disk, sepenuhnya dilakukan oleh PROCESSOR.
  5. Proses mengetikkan kata melalui keyboard tadi disebut INPUT.
  6. Kata yang ditampilkan di layar monitor sebagai hasil dari pengetikan kita,dan kata yang tersimpan dalam Hard Disk,disebut sebagai OUTPUT.

Demikianlah gambaran umum cara kerja komputer yang kita gunakan sehari-hari. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan gambaran sedikit bagi kalian yang membutuhkan informasi tentang komputer.
Definisi : komputer, berasal dari kata inggris compute ( menghitung), diciptakan pertama kali untuk tujuan membantu mempermudah menyelesaikan perhitungan yang rumit. Seiring waktu, fungsi computer berkembang menjadi berbagai macam fungsi, apa saja fungsi komputer  lainnya yang kalian tahu?