5 profesi yang seharusnya didominasi wanita



Wanita,secara naluriah memiliki sensibilitas lebih sempurna ketimbang pria.Secara evolusioner wanita lebih terbiasa bermain di domain rasa. Ini yang kemudian membentuk wanita lebih mengenal dan mampu menterjemahkan makna estetika dibanding pria yang cuma setumpuk otot dan logika. Tapi sejarah kemudian membuktikan berbeda, ketika kisah kehidupan anak manusia beralih fungsi dari kisah indah tentang romantisme menjalani jalan setapak bersama, menjadi ajang 'audisi' antara hak dan kewajiban.Tapi maaf, posting ini tidak membicarakan perang abadi dalam memperjuangkan 'emansipasibilillah'. Posting ini cuma belajar, untuk merekam fakta yang terjadi, tanpa pretensi. Kembali ke-sensitifitas-an yang menyanubari dalam indra wanita, seharusnya fakta sejarah mengarahkan mereka menjadi she-master untuk profesi yang dibangun oleh kuasa 'kearifan' rasa.Seperti 5 profesi berikut ini, mestinya adalah domain para wanita :

  1. Perancang busana / Desainer. busana adalah putra sulung yang lahir dari rahim budaya manusia, jauh sebelum gincu dan bedak.Dan wanita seharusnya menjadi makhluk yang paling faham bagaimana menciptakan keindahan bagi pembalut tubuh mereka. Karena abad berabad, wanita dan busana adalah simbiosa parasitisma yang tak terbantahkan. Wanita selalu ingin (dan harus) tampil indah.
  2. Juru Masak / Chef. Masakan bukan cuma kebutuhan biologis,tapi sebuah seni memuaskan rasa. Sekarang masakan sudah menjadi bisnis yang sangat penting. Beraneka resep masakan dan hidangan lezat dihasilkan dari pemahaman manusia dalam mengeksplorasi rasa. Bahkan menjadi juru masak sudah menjadi profesi yang sangat prestisius.
  3. Penata Rias / Stylish. Hampir diseluruh sudut dunia sekarang ini, stylish mulai dari yang amatir sampai kalangan profesional ditaklukkan oleh kaum pria.Bahkan tumbuh semacam anggapan yang melegal-formal bahwa stylish seharusnya pria, kalau bukan pria maka hendaknya waria. Poin ini menguatkan asumsi hedonis, bahwa wanita adalah sebuah 'produk'.
  4. Seniman / Artist. Harus dipertegas dulu bahwa Artist dan Actress adalah dua subjek yang berbeda. Artist menciptakan art (seni). Sedangkan Actress adalah pelaku aksi (acting / act ).Lagi-lagi wanita harus berpuas hati duduk sebagai runner-up. Benar, tidak sedikit juga wanita yang memilih bidang keartistan sebagai profesi, tetapi faktanya dunia ini didominasi kaum hawa. 
  5. Penata Tari / Koreografer . Tanpa perlu dijelaskan pun pasti semua sudah tahu bahwa Tari adalah sebuah seni dalam meng-ekspresikan irama dan gerakan tubuh. Dulu profesi ini sempat didominasi kaum wanita. Tapi entah mengapa, seiring perjalanan waktu, lagi-lagi pria menjadi master dalam urusan ini. Terlebih Koregrafi untuk tarian modern yang menguras banyak energi.
Jika ada yang ingin menambahkan, mangga......