masa depan mangga indramayu




Mangga Indramayu, siapa yang tidak kenal? walaupun,kita tidak pernah tahu dari mana asal usulnya sehingga ia disebut mangga indramayu.Mangga yang dalam dunia ilmu pengetahuan dikenal sebagai Mangifera indica, adalah jenis buah yang berasal India. Jika kita yakini mangga indramayu sebagai tanaman asli indramayu, mungkin nama Mangifera wiralodra adalah nama yang cocok untuk dipergunakan. Tapi itu tidak soal.Apalah arti sebuah nama.Yang penting tugu mangga masih berdiri kokoh dan bangga sebagai simbol kemakmuran masyarakat indramayu.Walaupun,faktanya mangga indramayu merosot tajam hampir tidak berharga ketika musim panen tiba,ketika ratusan mungkin ribuan ton buah mangga dihasilkan setiap musim panen.

Kemana mau dijual, itulah pertanyaannya.Paling ujung-ujungnya buat konsumsi,atau dibagi ke tetangga. Mungkin Buah mangga adalah buah yang masih patuh pada pepatah :"buah tidak jatuh jauh dari pohonnya". Kita,dan bahkan pemerintah daerah sendiri bingung,mau diapakan buah mangga ini? Padahal ketika kampanye,mereka terlihat hebat dengan menawarkan program investasi tanaman mangga.Mencari investor, mengolah hasil mangga,sampai mengekspor mangga.Pokoknya lengkap...Tapi ketika kampanye usai,buah mangga kembali jadi "buah tiri" seperti layaknya tugu mangga disimpang lima.Cuma buat  komoditas politik...atau sekedar pengingat bahwa kita punya mangga,selesai.

Di India,mangga menjadi salah satu produk agribisnis andalan.Ini terbukti bahwa India adalah penghasil mangga nomor satu dunia,padahal mereka tidak pernah  membangun tugu mangga. Artinya, bagi india kebanggaan simbolik tidak penting, yang penting hasilnya. Lalu apakah kita menganut faham simbolistik?entahlah...semoga saja wong dermayu yang lebih berkompenten mampu mencari jalan keluarnya,sehingga buah mangga bisa jadi lebih mengangkat perekenomian masyarakat Indramayu...amin