Browser yang dirancang khusus untuk anak

Internet, kita sadari atau tidak,dapat menjadi tempat yang berbahaya.Khususnya bagi anak-anak kita.Banyak sekali konten tidak layak lihat yang bisa disaksikan oleh anak-anak setiap bermain internet.Untuk itu diperlukan pengawasan dan pendampingan orang tua ketika mereka bermain internet.Tapi masalahnya,apakah orang tua akan selalu sempat untuk mendampingi mereka? Tentu hal ini tidak mudah.Untunglah sekarang telah dirancang browser yang dikhususkan untuk anak-anak.Dengan tingkat keamanan yang cukup baik untuk menjaga anak-anak dari pengaruh buruj internet.
Tentu saja,tidak ada jaminan bahwa browser ini dapat memberikan jaminan penuh dalam melindungi anak-anak,tapi paling akan memberikan kemungkinan yang cukup baik untuk meminimalisir pengaruh konten kurang baik.Para orang tua juga dapat menyesuaikan tingkat keamaan dari browser ini untuk disesuaikan dengan umur anak-anak.
Catatan : Sayangnya Browser ini belum mendukung keyword pencarian dalam bahasa Indonesia.

Anak-anak akan sedikit bingung penggunaan operator Boolean dalam pencarian.Tapi dengan diajari orang tuanya, mereka akan gampang memahaminya.Boolify tampil dengan potongan jigsaw yang berwarna-warni. Yang mereka harus lakukan adalah menyeret potongan jigsaw ke tengah browser dan membangun kalimat dengan jigsaw tersebut untuk membentuk keyword pencarian.
Sebagai contoh, tarik 'bagian Firman' untuk memasukkan kata kunci, dan kemudian memodifikasi dengan menyeret potongan-potongan lain seperti 'Dan', 'Atau', 'Tidak' dll untuk mengkombinasikannya dengan kata kunci lainnya.

Quintura for Kids ini dirancang oleh Yahoo. Browser ini memberikan cara yang lebih visual dalam pencarian yang menggunakan kata kunci acak. Anak-anak akan memulai pencarian dengan kata kunci dalam kotak teks dan kemudian memodifikasinya dengan salah satu kata kunci yang diacak. Quintura menampilkan lima hasil per halaman. Anak-anak bisa saja mengabaikannya, tetapi mengklik ikon sekitarnya akan membawa Anda ke lima kategori pencarian secara preset : Musik, Sejarah, Hewan, Olahraga dan rekreasi, dan Permainan.

KidRex adalah mesin pencari bikinan Google yang dikustomasi untuk kebutuhan anak-anak. Dengan antarmuka yang lucu bergambar krayon anak-anak (dinosaurus). Browser ini Menggunakan sistem pencarian "SafeSearch" dan menjaga semua hasil pencarian seaman mungkin dari konten berbahaya.KidRex juga memiliki database sendiri dan menjauhkan anak-anak dari situs web yang tidak sesuai dan kata kunci "aman" dan tentunya lebih membantu hasil pencarian tetap bersih

AskKids
Ask Kids adalah mesin pencari untuk anak-anak dari web engine Ask.com. Halaman pencarian menyerupai sebuah buku catatan sekolah. Bagian dari kotak pencarian, terdiri dari lima kategori pencarian preset : Schoolhouse, Schoolhouse, Movies, Games, Videos and Images, help out the kiddies research all kinds of stuff.
Anak-anak dapat melompat dari hasil pencarian kehalaman bergambar, mempersempit atau memperluas pencarian, menemukan nama-nama yang terkait dan informasi lainnya. Browser ini mengadopsi fitur dari Ask.com dan pencarian biasa, tetapi tetap dibuat sederhana untuk keperluan anak-anak.


KidsClick adalah browser yang berbeda.KidsClick dan tidak bekerja sebagai alat yang menyaring konten tidak aman. Melainkan berfungsi sebagai Web direktori yang menyediakan Resourch yang aman yang cocok digunakan anak-anak dan siswa pelajar. KidsClick dibuati dan dikelola oleh School of Library and Information Science (SLIS) di Kent State University. Sebagai link web ke resourch yang menyimpan koleksi data secara komprehensif, KidsClick adalah browser yang aman dari kemunculan iklan apapun.

Yahoo Kids adalah pintu masuk menuju ke direktori Yahoo dan situs Web khusus untuk anak-anak. homepage ini berwarna-warni, menarik, dan penuh dengan hal-hal menarik yang dapat membuat anak betah berselancar. Begitu menarik, dan hanya menempatkan kolom pencari kecil diposisi disudut atas. Hasil pencarian disusun berdasarkan tiga bagian - Results in Yahoo! Kids, Results in the Yahoo! Kids Directory, and Results on the Web.

StudySearch
Study Search adalah mesin pencari Google yang sudah disesuaikan (dengan Google SafeSearch) untuk sekolah-sekolah di Australia. Tapi tidak terbatas untuk dipakai oleh siapapun untuk menggunakannya. Memiliki Keran pencarian untuk database situs yang relevan untuk kebutuhan sekolah-sekolah primer dan sekunder Australia. Database link di seluruh dunia telah dibangun oleh para guru Australia, pustakawan dan para sukarelawan.

SquirrelNet
SquirrelNet adalah mesin pencari Google khusus anak-anak hanya yang telah diaktifkan melalui sistem pencarian SafeSearch. Dari SquirrelNet, anak-anak juga dapat mengakses direktori Google situs yang relevan untuk kebutuhan mereka.

Aga-Kids adalah browser visual untuk anak-anak dan salah satu browser yang paling penuh warna untuk anak-anak. Anak-anak dapat memilih antara pencarian visual dan pencarian teks. Hasil pencarian muncul sebagai thumbnail interaktif dan animasi.Hasil pencarian dapat dibatasi karena mesin pencari Aga-Kids dibuat untuk anak-anak.

Dib Dab Doo and Dilly Too
Jika nama apapun yang disebut paling pantas sebagai mesin pencari untuk anak-anak, maka browser inilah salah satunya. Mesin pencarian yang juga dibangun berdasarkan Google Custom Search dan akan mencoba untuk menyimpan konten untuk anak-anak dengan cara seramah mungkin.

Browser diatas sangat membantu untuk mencegah banyak hal negatif pada anak-anak, namun tentunya tidak semudah yang kita bayangkan. Sebagian besar mesin pencari untuk anak-anak juga menampilkan iklan yang tidak diinginkan, dan beberapa diantaranya menyelinap masuk ke sistem perangkat kontrol yang dibuat para orangtua melalui search engine ini. Memang Ini adalah persoalan sulit, tetapi setidaknya orangtua bisa terlalu khawatir. Browser tersebut diatas hanyalah alat pencarian untuk berinternet dengan aman dari konten berbahaya.