fitur facebook yang terasa mengganggu



Facebook...siapa yang tidak kenal? Bahkan beberapa diantara kita lebih mengenal dan lebih akrab dengan facebook daripada kitab suci. Mengapa demikian? Jawabnya bisa beragam, setiap orang punya argumen dan perspektif. Bahkan IB pun menggunakan facebook. Tapi mungkin IB memiliki perspektif yang sedikit berbeda dengan teman-teman dalam memaknai facebook.
Dari pengalaman selama menggunakan situs jejaring sosial ini, IB menemukan beberapa ketidak-nyamanan pada fasilitas facebook. Ok, ini cuma pengalaman dan analisa pribadi, tidak berusaha untuk menggurui atau bukan pula sebuah doktrinasi. Murni opini. Dan seandainya IB bisa meminta kepada foundernya untuk melakukan pernbaikan, berikut adalah beberapa hal yang ingin IB katakan :
  • Foto Profil . Hal yang mengganggu adalah setiap orang bisa menggunakan foto orang lain untuk dipasang sebagai proflnya. Dan kita bisa menggantinya kapan saja dan dengan foto jenis apa saja. Banyak sekali bentuk penipuan lahir dari kemudahan seperti ini. 
  • ID pengguna . Di facebook kita bisa mengganti nama kita sesering yang kita inginkan. Selain membingungkan orang lain, hal inipun dapat membawa dampak negatif penipuan identitas.
  • Status "RUMIT". Di jaring sosial ini, kita bisa memasang hubungan RUMIT. Entah untuk apa, IB masih belum mengerti manfaatnya Tapi yang jelas, ini salah satu fasilitas untuk berbohong
  • Multiple ID . Kita bisa memiliki unlimited ID di Facebook, sebanyak email yang kita punya. Hal ini memang mengasyikkan. Tapi ketika kita bisa login dan online pada saat yang bersamaan dengan banyak ID pada komputer yang sama, akan dapat menjadi satu bentuk kejahatan identitas ( identity crime )
  • Judi di Facebook . Siapapun tahu akan hal ini. Tunggu dulu, kalian pasti mau bilang bahwa itu tergantung pada orangnya masing2 kan? Kalian benar, tapi bagi IB ini mengganggu sekali. Bermain poker hanya membuang-buang waktu. 
  • Tombol SUKA. Mengapa ini mengganggu? Sebenarnya tidak mengganggu, justru yang mengganggu karena tidak ada tombol sebaliknya : TIDAK SUKA. Sepertinya facebook memang merancang sistem mereka agar kita jadi pembohong, entahlah....
  • Terlalu Banyak Aplikasi . Jelas ini mengganggu, terlalu banyak aplikasi, hanya akan membanjiri wall dengan notifikasi yang tidak berguna. 
  • Facebook Membanjiri Email. Coba buka email kalian dimana facebook terdaftar. Setiap hari email kita dibombardir oleh notifikasi update yang sama sekali tidak ada manfaatnya.
Itulah menurutku beberapa hal yang facebook harus perbaiki. Facebook memang menyenangkan. Tapi efek negatifnya bisa sangat tak terbayangkan. Facebook mencuri waktu kita yang mestinya sangat berharga, dan yang lebih parah, facebook dengan kelemahan sistem mereka ( entah sengaja entah tidak ) telah membuat kita terjebak jadi pembohong, penipu dan penjudi......wallahu alam